Profil

Rabu, 15 Oktober 2014

Marketing Jogja - MENIGKATKAN SALES DITENGAH KETERBATASAN



Kondisi Saat tidak ada sumber daya dan penuh keterbatasan. Semakin kecilnya budget anggaran yang ada bukan merupakan penghalang untuk meningkatkan sales produk yang kita jual. Diperlukan strategi penjualan yang kreatif dan simpel agar produk yang kita jual tetap terserap di pasar mengalahkan kompetitor.
Sebagai seorang sales kita menjadi sulit mencari alasan jika ditanya Team Leader kenapa tidak bisa jualan, mungkin kita mau beralasan :

1. Daya beli masyarakat turun?
Mungkin bukan alasan yang tepat jika daya beli masyarakat turun, buktinya jalanan makin ramai dengan sepeda motor baru, walaupun mungkin itu kredit.. Faktanya kredit macet dibawah 3 % saja.. perusahaan kreditor itu untung semua, malah tambah lama tambah banyak.. Artinya mereka mampu mengangsur.. dan yang beli cash juga banyak loh.. Coba lihat di gerai Apollo di WTC yang tidak pernah sepi diserbu pembeli.

2. Perlu Training Skill untuk teman-teman Sales
Training skill memang diperlukan mengingat sales adalah seni yang harus dipelajari, jika perlu mengajari sales ilmu Gendam :) tapi semua itu perlu waktu dan proses yang berkesinambungan. Ilmu tidak hanya dipelajari dari buku, tapi bisa didapatkan dari sharing rekan satu team yang langsung praktek di lapangan dan berhasil.

3. Harus dibuat Program-program marketing baru
Saat dibuat suatu program pasti akan membutuhkan budget anggaran, sedangkan saat ini anggaran yang dibatasi. Kita juga harus melihat kompetitor, bagaimana kekuatan kompetitor kita saat ini. Jika kompetitor kuat kita perlu menambah kekuatan kita, jika kompetitor lemah dengan sedikit gebrakan kita akan menang.

Dalam sales ada dua kekuatan yang harus kita miliki untuk selalu menjadi yang terdepan :
  1. Daya Jual : daya jual adalah kekuatan yang bersumber dari internal Team Penjualan, bersumber dari kekompakan Team, ilmu dan strategi penjualan setiap anggota team dan semangat / etos kerja setiap anggota Team. Jika daya jual kita kuat ini akan menjadi modal kita lincah bergerak. Daya jual ini juga bisa berupa sifat melayani dari setiap anggota team kepada pelanggan. Semua bisnis adalah Service bisnis, maka dari itu pelayanan yang baik akan meningkatkan daya jual.
Daya Saing : Daya saing adalah kekuatan yang bersumber dari kemampuan kita menetapkan strategi terbaik menghadapi persaingan dengan kompetitor. Daya saing tercipta pada iklim kompetisi. Tapi pada saat kita tidak mempunyai pesaing maka anda tidak memiliki daya saing. Daya saing ini yang membuat sebuah team selalu bergerak bahkan berlari untuk berpikir strategi terbaik dalam mengalahkan kompetitor. Kemenangan terasa manis saat lawan yang kita hadapi adalah lawan yang kuat, kita tidak akan bangga jika ternyata lawan yang kita hadapi adalah lawan yang kecil dan lemah. Trus strategi apa yang perlu kita kembangkan untuk meningkatkan sales ditengah keterbatasan ?