Kondisi Saat tidak ada sumber
daya dan penuh keterbatasan. Semakin kecilnya budget anggaran yang ada bukan
merupakan penghalang untuk meningkatkan sales produk yang kita jual. Diperlukan
strategi penjualan yang kreatif dan simpel agar produk yang kita jual tetap
terserap di pasar mengalahkan kompetitor.
Sebagai seorang sales kita
menjadi sulit mencari alasan jika ditanya Team Leader kenapa tidak bisa jualan,
mungkin kita mau beralasan :
1. Daya beli masyarakat turun?
Mungkin bukan alasan yang tepat jika daya beli
masyarakat turun, buktinya jalanan makin ramai dengan sepeda motor baru,
walaupun mungkin itu kredit.. Faktanya kredit macet dibawah 3 % saja..
perusahaan kreditor itu untung semua, malah tambah lama tambah banyak.. Artinya
mereka mampu mengangsur.. dan yang beli cash juga banyak loh.. Coba lihat di
gerai Apollo di WTC yang tidak pernah sepi diserbu pembeli.
2. Perlu Training Skill untuk teman-teman Sales
Training skill memang diperlukan mengingat sales
adalah seni yang harus dipelajari, jika perlu mengajari sales ilmu Gendam :)
tapi semua itu perlu waktu dan proses yang berkesinambungan. Ilmu tidak hanya
dipelajari dari buku, tapi bisa didapatkan dari sharing rekan satu team yang
langsung praktek di lapangan dan berhasil.
3. Harus dibuat Program-program marketing baru
Saat dibuat suatu program pasti akan membutuhkan
budget anggaran, sedangkan saat ini anggaran yang dibatasi. Kita juga harus
melihat kompetitor, bagaimana kekuatan kompetitor kita saat ini. Jika
kompetitor kuat kita perlu menambah kekuatan kita, jika kompetitor lemah dengan
sedikit gebrakan kita akan menang.
Dalam sales ada dua kekuatan yang harus kita miliki untuk selalu menjadi
yang terdepan :
- Daya Jual : daya jual adalah kekuatan yang bersumber dari internal Team Penjualan, bersumber dari kekompakan Team, ilmu dan strategi penjualan setiap anggota team dan semangat / etos kerja setiap anggota Team. Jika daya jual kita kuat ini akan menjadi modal kita lincah bergerak. Daya jual ini juga bisa berupa sifat melayani dari setiap anggota team kepada pelanggan. Semua bisnis adalah Service bisnis, maka dari itu pelayanan yang baik akan meningkatkan daya jual.