Kuasai produk atau jasa yang ditawarkan (product
knowledge). Bagaimana mungkin Anda menawarkan produk atau
jasa yang ditawarkan kepada calon client tapi Anda belum menguasai
secara penuh mengenai keunggulan, kekurangan, harga, kualitas, target konsumen
atau client, dan hal lainnya.
Kenali market Anda.
Pada segmen apa Anda ingin memasarkan produk atau jasa tersebut, dan siapa saja
yang menjadi sasaran jual Anda. Pastikan Anda menjual produk atau jasa pada
orang yang tepat.
Have a good
appearance. Anda tidak pernah tahu dimana dan kapan Anda
akan bertemu dengan calon client Anda. Kesan pertama akan terlihat dari
penampilan Anda. Berikanlah kesan baik dan meyakinkan ketika target melihat
Anda, karena dengan penampilan Anda yang nampak rapih dan meyakinkan maka
target Anda akan menilai bahwa produk atau jasa yang ditawarkan memiliki
kualitas yang baik.
Perluaslah koneksi atau kenalan Anda.
Kembangkan sayap Anda, jangan hanya terbatas lingkup kecil saja. Perluas
wawasan Anda untuk memasuki dunia yang belum pernah Anda tahu. Semakin banyak
koneksi dan wawasan yang Anda miliki maka semakin besar kesempatan Anda untuk
mendapatkan client baru.
Ciptakan antusiasme dalam diri Anda.
Menciptakan antusiasme dibutuhkan usaha dan kerja keras, intensionalitas, dan
tindakan. Antusiasme adalah tindakan atau aksi bukan hanya sebuah cita-cita.
Maka berusahalah untuk mewujudkan apa yang sudah Anda cita-citakan.
Jangan Mudah Merasa Puas dengan pencapaian Awal,
Biasanya penyakit seorang marketing adalah
mereka cepat puas dengan hasil awal mereka yang besar, karena semakin anda
selalu berusaha akan semakin besar kesuksesan anda, kita tidak pernah tahu
kapan kita akan kesulitan, oleh sebab itu bersyukur dan terus berusaha berjuang
sampai impian besar anda bahagia dan sukses.
Catat dan Simpan testimonial konsumen anda, Setiap
kali konsumen anda memberikan laporan ataupun testimony tentang keunggulan
produk anda maka catatlah dan simpan baik – baik, itu bisa menjadi bukti
kelebihan serta keunggulan produk anda yang bisa di tunjukan kepada calon
konsumen baru anda agar mereka yakin dengan produk yang anda tawarkan.
Keluar dari Zona Nyaman anda, Jangan
larut dalam zonya nyaman, situasi yang membuat anda malas bekerja karena ingin
selalu bersantai ria ngopi sambil ngobrol, berusahalah untuk keluar dari zona
nyaman yang menghalangi keberhasilan anda.
Bergulat dengan kenyataan. Dunia
Marketing adalah dunia yang penuh dengan persaingan dalam hal apa pun, oleh
karena itu Anda harus memiliki mental yang sangat kuat. Penawaran yang Anda
ajukan tidak selalu dapat diterima oleh client. Penolakan merupakan hal
yang sudah wajar dalam dunia Marketing, maka dibutuhkan kesabaran dan ketahanan
mental yang ekstra. Tetap konsisten dalam bekerja dan pantang menyerah adalah kunci
kesuksesan Anda.
Kapan
harus Bekerja, Seorangmarketing
yang cerdas mereka harus tahu kapan mereka harus bekerja dan kapan mereka harus
berlibur.